Cara Menggunakan VPN dengan PPTP Server untuk Internet Gratis

Cara menggunakan VPN dengan Server PPTP untuk Internet Gratis - Kesempatan kali ini saya akan berbagi Cara menggunakan VPN dengan server PPTP di komputer. Sistem Operasi komputer yang saya gunakan saat ini adalah Windows 8.1. Mungkin pengaturan bisa saja sedikit berbeda jika anda menggunakan sistem operasi lainnya. Untuk pengguna Android silahkan baca Cara Setting VPN android untuk Internet Gratis. Dengan menggunakan vpn server pptp ini, maka internet anda tidak akan diketahui keberadaan ip asli lokasi dimana anda sedang berinternetan. Karena akan dialihkan sesuai server vpn yang anda gunakan. Dengan begitu anda lebih banyak keuntungannya jika menggunakan vpn ini.  Bagi anda yang belum tahu apa iti PPTP (Point to Point Tunnel Protocol). PPT adalah salah satu service yang biasa digunakan untuk membangun sebuah jaringan VPN adalah Point to Point Tunnel Protocol (PPTP). Sebuah koneksi PPTP terdiri dari Server dan Client.  Mikrotik RouterOS bisa difungsikan baik sebagai server maupun client atau bahkan diaktifkan keduanya bersama dalam satu mesin yang sama. Feature ini sudah termasuk dalam package PPP sehingga anda perlu cek di menu system package apakah paket tersebut sudah ada di router atau belum. Fungsi PPTP Client juga sudah ada di hampir semua OS, sehingga kita bisa menggunakan Laptop/PC sebagai PPTP Client. (Mikrotik.co.id)  Kelebihan lainnya yaitu anda bisa membuka situs yang di blokir oleh negara penyedia layanan internet.

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan koneksi VPN dengan Server PPTP :

Dalam contoh berikut kita akan menggunakan VPN dari super vpn

Username : tcpvpn.com-bilikupdate
Password : 12345
Host IP Address: 128.199.132.217


Untuk simcard yang saya gunakan adalah Telkomsel

  1. Langkah pertama masuk Control Panel, kemudian pilih ”View network status and tasks” dibawah kategori “Network and Internet”.
  2. Kemudian, klik pada pilihan “Setup a new connection or network“
  3. Pilih pada “Connect to a workplace“, kemudian pilih Next
  4. Langkah selanjutnya, pilih “No, create a new connection“, kemudian Next.
  5. Selanjutnya, pilih “Use my internet connection (VPN)“
  6. Pada bagian Internet address isikan dengan VPN server (contoh: 128.199.132.217), dan untuk Destination name isi bebas saja “delhendro” , dan tandai pada “Don’t connect now”.
  7. Kemudian, pada bagian username isikan “tcpvpn.com-bilikupdate”, untuk password biarkan kosong (karena password akan berubah secara berkala), kemudian pilih “Create”.
  8. Terakhir pilih “Close“.
  9. Untuk melakukan proses koneksi VPN, pastikan terlebih dahulu koneksi internet anda sudah aktif. Klik pada status koneksi di system tray (pojok kanan bawah taskbar), pilih bilikupdate, kemudian klik “Connect “.
  10. Isikan username  password: 12345, kemudian klik “Connect” (biarkan domain kosong).
  11. Proses koneksi akan berlangsung, dan tunggu sampai VPN terhubung. Jika VPN telah terhubung, maka akan terlihat 2 koneksi yang connected pada status koneksi di Windows 8.1 (pojok kanan bawah)
  12. Selesai. Silahkan buat melakukan internet, browsing, download dan streaming sepuasnya.

Dalam kondisi terhubung VPN, maka koneksi anda akan terenkripsi dan dapat melewati firewall atau content filtering dengan aman.

Akun VPN di atas hanyalah contoh dan hanya aktif 5 hari. Jadi silahkan gunakan akun VPN yang masih aktif atau anda bisa buat akun VPN Gratis di www.tcpvpn.com
Catatan :
• Tutorial VPN dengan PPTP  ini hanya berlaku jika ISP yang anda gunakan mendukung protokol enkapsulasi Generic Routing Encapsulation (GRE). Jika ISP tidak mendukung, maka tidak memungkinkan untuk dapat terhubung ke VPN.

• Untuk kepentingan bersama, mohon kiranya jangan melakukan penyalahgunaan VPN ini.

Baca Juga: Cara Membuat Config OpenVPN Telkomsel Gratis

Demikian Tutorial Cara menggunakan VPN dengan Server PPTP untuk Internet Gratis. Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba !

0 Komentar untuk "Cara Menggunakan VPN dengan PPTP Server untuk Internet Gratis"

Back To Top