Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Online

Mandiri Online adalah layanan electronic banking Bank Mandiri yang dapat diakses melalui jaringan internet dengan menggunakan web browser atau menggunakan aplikasi yang diunduh pada smartphone. Jika Anda merupakan salah satu nasabah Bank Mandiri yang jika sebelumnya menggunakan layanan Internet Banking Mandiri, maka Anda wajib pindah ke layanan Mandiri Online dikarenakan layanan internet banking Mandiri sudah offline atau tidak difungsikan lagi. Sedangkan jika Anda merupakan salah satu nasabah baru biasannya sudah langsung ditawarkan untuk menggunakan layanan ini dan akan dibantu oleh pihak cs cabang bank mandiri dalam melakukan pendaftarannya.


Layanan Mandiri Online ini menggabungkan kelebihan mandiri internet dan mandiri mobile. Sehingga memberikan Anda kemudahan dan kenyamanan dalam memperoleh informasi dan bertransaksi. Dengan layanan ini Anda bisa melakukan transaksi dimana pun dan kapan pun baik itu transaksi finansial maupun transaksi non finansial. Transaksi finansial seperti transfer uang, pembayaran listrik, tagihan kartu kredit, beli pulsa, bayar angsuran dapat dilakukan secara real-time. Sedangkan untuk transaksi non finansial yang bersifat informasi seperti cek saldo, mutasi rekening, dan aktivitas perubahan credential data.

Tentu saja semua fitur tersebut sudah tersedia di dalam aplikasi dan dapat digunakan secara mudah. Selain itu keamanan transaksi pun juga terjaga karena di setiap transaksi Mandiri Online membutuhkan kode otentikasi transaksi yaitu berupa PIN transaksi yang terdiri dari 6 digit angka digunakan untuk otorisasi transaksi di aplikasi Mandiri Online dan Response Code dari hard token yaitu (challenge code) digunakan untuk otorisasi transaksi di web Mandiri.

Untuk bisa menggunakan layanan Mandiri online Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan pastikan nomor HP Anda sudah terdaftar di Cabang Bank Mandiri. Dan berikut ini adalah langkah-langkah pendaftaran Mandiri Online:

Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Online


Mendaftar melalui ATM

1. Masukkan kartu ATM dan PIN
2. Pilih transaksi lainnya - Pendaftaran E-Banking - Mobile Banking
3. Klik Lanjut, Pilih Nomor Rekening
4. Pilih Lanjut (Jika No HP yang didaftarkan sudah sama dengan yang di layar ATM) atau Pilih masukkan No HP Baru (Jika No HP di layar sudah diganti atau berbeda dengan yang mau didaftarkan)
5. Pilih Setuju, Lalu Buat PIN Mobile Banking (bebas 6 digit angka)
6. Konfirmasi PIN Mobile Banking (PIN yang dibuat ini nantinya digunakan untuk otentikasi transaksi di aplikasi Mandiri Online, jadi jangan sampai lupa)
7. Selanjutnya pilih notifikasi SMS Banking, bisa YA/TIDAK (pilih salah satu)
8. Masukkan tanggal lahir Anda (ddmmyyyy)
9. Anda akan menerima sms berupa kode OTP
10. Masukkan OTP yang dikirim ke No HP yang tadi telah didaftarkan
11. Selesai, Pendaftaran berhasil


Setelah pendaftaran No HP di atas telah berhasil, langkah selanjutnya adalah buat akun Mandiri Online dan Aktivasi. Oh ya sebelum masuk ke aplikasi Mandiri Online, Pastikan SIM Card atau nomor yang didaftarkan ada di SIM 1. Memiliki pulsa minimal 5 ribu. Oh pastikan nomor yanhg Anda daftaralkan adalah oprator seluler yang didukung Bank Mandiri. Untuk cara buat akun Mandiri Online dan aktivasinya silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Instal aplikasi Mandiri Online di HP Anda, bisa di download di PlayStore atau AppStore
2. Jika sudah, buka aplikasinya kemudian tekan tombol Mulai
3. Syarat dan Ketentuan centang dan tekan tombol Setuju
4. Masukkan Detail Kartu Debit Anda beserta tanggal lahir
5. Selanjutnya Perangkat akan mengirimkan SMS verifikasi ke 3355
6. Buka dengan pesan lalu kirim SMS kemudian kembali ke Aplikasi
7. Jika sudah di layar aplikasi akan muncul menu "Selamat Datang Kembali" tekan OK
8. Kemudian akan muncul menu Buat Akun
9. Silahkan buat User ID dan password, jika sudah tekan Lanjut
10. Masukkan alamat Email Anda, tambahkan gambar profil (tidak wajib), lalu klik Buat Akun
11. Masukkan MPIN/ PIN Mobile Banking yang tadi dibuat di ATM
12. Kemudian di layar akan kembali tampil menu Login, silahkan login menggunakan User ID dan password Anda
11. Anda berhasil membuat akun dan silahkan Login menggunakan User ID dan password tersebut
12. Sekarang Anda sudah bisa melakukan transaksi menggunakan Mandiri Online
13. Apabila tidak bisa login maka Anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu di cabang Bank Mandiri.

Oh ya untuk Anda yang sebelumnya sudah terdaftar di Internet Banking Mandiri, mungkin akan mengalami kendala terkait login akun. Karena di Mandiri Online untuk Login menggunakan User ID dan password sedangkan di Internet Banking Mandiri menggunakan User ID dan PIN. Sehingga untuk Login ke Akun Mandiri Online Anda belum memiliki Password. Untuk membuat password Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Ikuti langkah-langkah di atas hingga sampai langkah nomor 7
2. Selanjutnya di layar aplikasi Mandiri Online maka akan langsung muncul menu Login akun
3. Di bawahnya terdapat tombol Lupa ID (untuk melihat user ID Anda jika Anda lupa) dan juga tombol Lupa password (ini untuk membuat password baru bagi pengguna lama internet banking mandiri atau jika Anda lupa password bagi pengguna sudah menggunakan Mandiri Online)
4. Karena Anda belum memiliki password, silahkan Tekan tombol Lupa Password untuk membuat password
5. Masukkan Detail Kartu Debit Anda beserta tanggal lahir
6. Selanjutnya Perangkat akan mengirimkan SMS verifikasi ke 3355
7. Buka dengan pesan lalu kirim SMS kemudian kembali ke Aplikasi
8. Setelah itu masukkan User ID dan silahkan buat password baru
9. Tekan Lanjut dan Pembuatan password telah berhasil
10. Kemudian di layar akan kembali tampil menu Login, silahkan login menggunakan User ID dan password Anda
11. Selesai, dan Anda sudah bisa menggunakan Aplikasi Mandiri nline untuk bertransaksi baik ini transaksi finasial maupun non finasial

Catatan: Apabila Anda mengalami masalah dalam pembuatan akun Mandiri Online, Anda bisa langsung mengunjungi cabang Bank Mandiri terdekat di kota Anda. Dan ceritakan masalah yang kamu alami ke customer Service. Nanti akan dibantu untuk menyelesaikan masalah terkait pendaftaran akun Mandiri Online.

Kalau pengalaman saya waktu membuat akun mandiri online nggak bisa, permasalahannya adalah akun saya diblokir sehingga tidak bisa membuat password baru untuk login Mandiri Online. Mungkin untuk yang sebelumnya sudah menggunakan internet banking mandiri akunnya untuk sementara akan diblokir terlebih dahulu dan baru bisa diaktifkan kembali setelah ia meminta diaktifkan melalui Cabang Bank Mandiri untuk mendaftar Mandiri Online.

Nah itulah Cara Daftar Mandiri Online, semoga bermanfaat bagi kalian nasabah Bank Mandiri yang ingin menggunakan layanan Mandiri Online! Karena dengan layanan ini saya merasa transaksi online jadi lebih mudah, cepat dan aman tanpa ribet! Ingat jangan pernah sekali-kali memberikan kode otorisasi transaksi baik itu PIN ataupun kode token, kode OTP ke orang lain!
0 Komentar untuk "Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Online"

Back To Top