Cara Mengatasi Kode Google Authenticator Tidak Valid

Cara Mengatasi Kode Google Authenticator Tidak Valid  - Kode google authenticator adalah sebuah kode autentikasi dua langkah yang berfungsi sebagai keamanan untuk membantu melindungi akun Anda selain kata sandi. Kode tersebut menggunakan algoritma kata sandi satu kali berbasis waktu dan algoritma kata sandi satu kali berbasis HMAC dengan sistem perangkat lunak untuk mengimplementasikan layanan verifikasi dua langkah. Perangkat lunak ini diciptakan oleh google untuk mengautentikasi pengguna aplikasi seluler sebagai fitur keamanan untuk membantu melindungi akun berbasis online misal seperti akun google, akun media sosial facebook, dan akun bisnis online, dll.


Mungkin beberapa di antara kalian yang menggunakan Google Authenticator mungkin pernah mengalami masalah sama seperti yang pernah saya alami, yaitu ketika kode google authenticator dimasukkan untuk mengautentikasi dua langkah, kode tidak valid. Saya sampai mencoba berulang-ulang dengan kode autentikasi baru hasilnya kode tetap tidak valid. Sehingga saya gagal masuk ke akun facebook dan google yang saya lindungi dengan autentikasi dua faktor. Kemudian saya coba otak-atik pada google authenticator untuk mencari tahu apa penyebab kode autentikasi dua faktor tidak valid/ tidak bisa bisa digunakan untuk masuk ke akun.

Setelah saya telusuri, ternyata penyebabnya adalah masalah waktu yang tidak cocok dengan perangkat yang digunakan. Disini saya menggunakan aplikasi google aunthenticator pada smartphone Android. Jadi jam internal yang ada di google authenticator itu ternyata tidak cocok dengan jam yang ada di smartphone, menyebabkan kode tidak valid/ tidak dapat digunakan untuk autentiakasi dua faktor. Nah untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah sebagai berikut:

Cara Mengatasi Kode Google Authenticator Tidak Valid 


1. Pastikan jam/waktu pada HP Anda sudah tepat, kalo belum silahkan atur dulu
2. Jika sudah, Buka Aplikasi Google Autenticator yang ada di HP Anda
3. Tekan tombol titik tiga kanan atas di samping kanan tulisan Google Autheticator
4. Kemudian akan muncul 4 menu, silahkan menu Pengaturan


5. Selanjutnya pilih menu "Koreksi waktu untuk kode" dan tekan "Sinkronkan sekarang"
6. Tunggu proses sinkronisasi waktu hingga selesai, jika sudah silahkan coba kode autentikasi untuk masuk ke akun yang Anda autentikasi dua langkah.

*NB: Jika Anda menggunakan google authenticator di perangkat komputer/ laptop, kurang lebih caranya sama seperti di atas, yang perlu Anda lakukan adalah hanyalah mensinkronkan jam internal google authenticator dengan perangkat komputer/ laptop.

Demikian tutorial mengenai Cara Mengatasi Kode Google Authenticator Tidak Valid untuk masuk ke akun/ aplikasi seluler yang diaktifkan autentikasi dua langkah. Silahkan mencoba semoga berhasil, karena apabila gagal masuk akibat kode autentikasi tidak valid, bisa berakibat fatal, yaitu Anda tidak akan bisa login/ masuk ke akun yang aktifkan keamanan autentikasi dua faktor. Solusi terakhir adalah dengan menghubungi pihak startup, semisal facebook atau google terkait akun Anda tidak bisa masuk karena kode autentikasi dua faktor gagal.
Tag : TUTORIAL
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Kode Google Authenticator Tidak Valid "

Back To Top