DAEX Menyediakan Solusi Kliring untuk Bursa Cryptocurrency


Meningkatnya perdagangan cryptocurrency saat ini tentu menjadi PR bagi para developers untuk bisa menciptakan bursa cryptocurrency yang lebih transparan dan aman bagi pengguna. Karena sejauh ini masih ada masalah infrastruktur yang harus diperbaiki pada bursa cryptocurrency terpusat (centralized exchange). Bursa cryptocurrency terpusat memiliki sejarah yang panjang sebagai target utama kelompok peretasan. Dimana para peretas dapat mengakses dan mencuri dana dari entitas-entitas ini dengan jumlah yang dicuri hingga ratusan juta dolar.

Serupa dengan bank, entitas terpusat ini memegang kendali penuh atas dana saat para trader melakukan deposit di bursa. Mereka juga bertindak sebagai Rumah kliring yang menyediakan layanan pencocokan pesanan, kliring dan penyelesaian. Dengan infrastruktur ini, para trader harus sepenuhnya mempercayai bursa kripto untuk menyimpan aset mereka secara aman dari ancaman eksternal dan internal serta untuk memfasilitasi perdagangan yang terjadi. Di samping itu, dompet ‘panas’ yang digunakan trader untuk menyimpan aset digital customer juga memungkinkan upaya peretasan tersebut.

Kepercayaan adalah kekhawatiran yang signifikan bagi para trader yang menggunakan pertukaran terpusat, karena mereka tidak dapat mengakses aset mereka secara langsung menggunakan kunci pribadi. Hal ini menjadikan bursa terpusat sebagai target untuk peretas karena aset digital disimpan dalam sistem di luar rantai (Mt. Gox & Coincheck adalah contoh terkenal dari bursa terpusat yang diserang). Tahun 2018 ini peretasan juga kembali terjadi pada bursa cryptocurrency terpusat, yaitu Bithumb dan Coinrail.

Tanpa perubahan dalam infrastruktur dasar dari bursa-bursa tersebut, jenis insiden peretasan serupa akan terus terjadi. Banyak orang percaya bahwa solusi untuk mencegah ancaman keamanan ini adalah dengan menggunakan bursa terdesentralisasi sebagai platform untuk perdagangan. Bursa terdesentralisasi dianggap lebih aman dalam hal kepemilikan aset, karena dompet diakses menggunakan kunci pribadi yang unik oleh trader. Perdagangan menggunakan teknologi blockchain (distributed ledger/buku besar terdistribusi) dan kontrak cerdas untuk peer to peer trading, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk "orang tengah" atau entitas pihak ketiga untuk memiliki kontrol. Namun, bursa terdesentralisasi saat ini belum meluas di dalam praktik trading karena beberapa alasan.

Bursa-bursa terdesentralisasi yang ada saat ini hanya mendukung trading antar-mata uang kripto dan tidak melayani trading uang fiat ke kripto. Di sisi lain, fitur tersebut merupakan faktor penting bagi trader pemula yang ingin menyetor atau menarik uang fiat menggunakan kartu kredit atau debit mereka. Selain itu bursa terdesentralisasi juga memberikan waktu eksekusi transaksi yang jauh lebih lambat dan kekurangan likuiditas. Dengan audiens pengguna yang lebih kecil, volume perdagangan cryptocurrency biasanya sangat rendah. Dengan likuiditas rendah, pasar dapat menjadi tidak stabil, menyebabkan harga menjadi tidak stabil  -  terutama ketika trader memasukkan pesanan besar. Bursa terdesentralisasi hanya mendukung fungsi perdagangan dasar dan tidak memiliki fungsi perdagangan canggih seperti perdagangan margin, stop loss order dan limit order. Antarmuka pengguna biasanya juga sulit digunakan, membuatnya bahkan lebih sulit bagi seorang trader untuk terbiasa dengan platform bursa terdesentralisasi.

DAEX hadir sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang terjadi pada bursa cryptocurrency. Solusi DAEX pada dasarnya adalah sebuah ekosistem yang memisahkan pendaftaran aset digital, pencocokan perdagangan, kliring aset dan penyelesaian aset dengan cara yang terdesentralisasi. Saat ini, bursa-bursa telah menyediakan semua layanan ini di lingkungan yang terpusat. Setelah bergabung dengan ekosistem DAEX, bursa tidak akan memiliki kontrol total. Trader akan memegang kepemilikan atas aset dan mengaksesnya melalui dompet DAEX menggunakan kunci pribadi (private key) mereka. Dompet ini akan memberikan akses ke bursa apa pun yang merupakan bagian dari ekosistem. Trader akan dapat memperoleh manfaat dari beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh bursa terpusat yang saat ini ditawarkan, seperti fitur perdagangan tingkat lanjut, likuiditas tinggi, trading fiat ke kripto dan lain-lain.

Kliring perdagangan akan berlangsung di Blockchain DAEX yang merupakan rantai kliring terpisah dengan pemanfaatan teknologi buku besar terdistribusi dan kontrak cerdas sebagai produk utama dari ekosistem DAEX. Bursa-bursa tersentralisasi yang bergabung dengan ekosistem akan dapat fokus pada kompetensi inti dan area yang membantu skala bisnis mereka. Ini akan memberi mereka keunggulan kompetitif di pasar karena mereka tidak perlu menghabiskan sumber daya untuk membangun sistem sebagai penyimpan aset pengguna mereka yang akan rentan terhadap serangan pula. Bursa-bursa tersentralisasi juga tidak perlu membuat mekanisme transaksi yang mencakup kliring dan setelmen. Sebaliknya, DAEX akan menyediakan layanan ini dengan cara yang aman, terbuka, dan transparan. Ini pada dasarnya memungkinkan trader untuk menggunakan pertukaran terpusat dengan manfaat tambahan yang menghapus masalah yang ada saat ini (kepercayaan dan keamanan).

Untuk informasi lebih lengkap tentang proyek DAEX, silahkan kunjungi situs web: www.daex.io atau Anda bisa dengan mempelajari whitepaper DAEX.
Tag : CRYPTOCOIN, DAEX, ICO
0 Komentar untuk "DAEX Menyediakan Solusi Kliring untuk Bursa Cryptocurrency"

Back To Top