Cara Trading / Jual Beli Token Ethereum di Etherdelta

EtherDelta adalah pertukaran terdesentralisasi pada blockchain Ethereum yang memungkinkan Anda untuk menukar ETH dan ERC-20 token tanpa menggunakan apapun selain blockchain. Ketika Anda mengirim token ke EtherDelta, mereka akan disimpan dalam kontrak mereka. Bahkan saat Anda membeli token pada EtherDelta, itu tidak transfer, itu hanya mengubah saldo Anda dalam kontrak. Sehingga Anda perlu paham betul cara trading/jual beli di Etherdelta. Karena saya yakin jika Anda seorang pemula akan sangat kesulitan seperti saya waktu pertama kali mencoba trading/jual beli token ethereum disini. Jadi Bagi Anda yang kesulitan trading/jual beli token ethereum di Etherdelta Anda bisa simak tutorial yang saya berikan secara lengkap ini.

Cara Trading / Jual Beli Token Ethereum di Etherdelta

1. Masuk ke etherdelta.com,Pertama create new wallet dulu di etherdelta, Jangan lupa simpan ETH Address dan Private key-nya. Itu nantinya buat import wallet buat login ke etherdelta.


2. Untuk trade atau jual beli token di etherdelta pertama Anda harus isi saldo wallet ETH yang dibuat di Etherdelta tadi, ini nantinya digunakan untuk biaya transaksi saat jual beli.

3. Isi saldo ETH nya bisa dari saldo ETH yang Anda miliki di myetherwallet atau bisa dari exchanger Vip.Bitcoin.co.id. Jika sudah Anda isi maka akan masuk di wallet seperti ini.


4. Jika sudah diisi ETH, silahkan send/kirim token yang akan dijual dari myetherwallet ke wallet etherdelta.  Cara kirim token masukkan alamat ETH yang dibuat dari Etherdelta lalu pilih token dan masukkan jumlah yang akan dikirim. Misal disini saya kirim token RVT , lewat myetherwallet. Untuk gas limit gunakan standar konvert dari sistemnya saja.


5. Jika sudah, kembali ke Etherdelta untuk cek saldo token yang dikirim sudah masuk belum. Kalo sudah akan tampil seperti ini. Untuk cek Pilih token yang anda kirim tadi. Misal disini saya tadi kirim token RVT, saldo sudah masuk di wallet.


6. Nah untuk dapat menjual token Anda bisa lihat gambar no.5 di atas. Disitu harus ada saldo token dan saldo ethereum di wallet. Saldo eth di wallet tersebut digunakan untuk biaya transaksi penjualan. saldo token tersebut, saldo yang akan dijual. Namun untuk menjual saldo token tersebut Anda harus depositkan saldo token dari wallet ke Etherdelta. Lihat gambar dibawah ini, saldo sudah pindah dari wallet ke etherdelta. Saldo ETH-nya juga depositkan ke Etherdelta.



7. Selanjutnya Anda tinggal jual atau beli token yang diinginkan, caranya perhatikan baik-baik.  Perhatikan disitu terdapat menu order book seperti gambar dibawah.


Keterangan Order book:
  • Warna Merah : Ini artinya orang-orang yang ingin MENJUAL di harga tersebut
  • Warna Hijau  : Ini artinya orang-orang yang ingin MEMBELI di harga tersebut
  • RVT : Jumlah token yang ingin di beli atau di jual
  • ETH : Artinya kalkulasi dari jumlah token
7. Supaya penjualan/pembelian token Anda cepat laku maka pilih atau klik harga yang berada di kolom hijau untuk menjual dan kolom merah untuk membeli. Nanti secara otomatis akan langsung terjual atau terbeli.

8. Jika Anda ingin menggunakan cara trading/jual beli dengan menentukan harga sendiri, Anda bisa menngunakan menu New Order.


Keterangan New Order:
  • Buy : Untuk membeli token
  • Sell : Untuk menjual token
  • RVT : Silahkan isi dengan jumlah token yang ingin Anda jual/beli. 
  • RVT/ETH : Isi dengan harga yang Anda inginkan. Bisa melihat tabel Order book untuk menetapkan harga terbaik
  • ETH : Kalkulasi jumlah ethereum yang akan Anda dapatkan.
  • Expires : Artinya jumlah block hingga order jual atau beli kadaluarsa atau otomatis di batalkan. Silahkan isi saja 10.000, 100.000 bebas silahkan isi sesuka hati. Tiap 14 detik akan berkurang 1 Block.
  • Jika sudah silahkan klik Sell / Buy.
Catatan : Pastikan saldo ethereum saldo Anda cukup untuk membayar fee agar order penjualan atau pembelian Anda berhasil, dan order Anda nantinya akan tertera di menu My Transactions tepatnya di Order. Dan jika sudah sukses terjual akan tertera My Transactions tepatnya di Trades dan saldo akan masuk ke etherdelta.


Sebenarnya untuk trading/jual beli caranya hanya sampai disitu saja. Namun saldo yang Anda miliki setelah melakukan transaksi tersebut tidak akan langsung masuk ke wallet sehingga harus melakukan penarikan terlebih dahulu.


Caranya Klik menu Withdraw lalu masukkan jumlah ETH atau token yang akan Anda tarik ke wallet. Jika sudah maka hanya tinggal menunggu saldo yang tadinya terlihat di etherdelta berpindah ke wallet. Selesai.

Selain cara tersebut, Anda juga bisa langsung mengirimkan saldo ETH/ token ke wallet lain yang Anda inginkan. Misal ke wallet ETH MyEtherwallet.


Cara Kirim Saldo ETH/Token dari Etherdelta ke MyEtherwallet

Caranya cukup mudah dengan klik menu Transfer lalu pilih ETH atau Token yang akan ditranfers. Kemudian masukkan jumlah serta wallet address penerima, Klik Transfer. Selesai

Jika Anda menginginkan mengirim ke Vip.Bitcoin.co.id, hanya saldo ETH saja yang bisa dikirim. Karena kalau token ethereum Vip.bitcoin.co.id belum menerima.

Baca Juga: Cara Kirim Token dari MyEtherwallet ke Exchanger HitBTC

Nah, demikian tutorial lengkap untuk melakukan perdagangan token di etherdelta, semoga bisa dipahami dan bermanfaat bagi Anda semua. Jika masih bingung dengan tutorial diatas Anda bisa menanyakan langsung melalui komentar di bawah atau kontak blog ini.
0 Komentar untuk "Cara Trading / Jual Beli Token Ethereum di Etherdelta"

Back To Top