Cara Trading / Jual Beli Bitcoin di Indonesia

Fenomena mata uang digital Bitcoin semakin marak. Terutama terkait nilai kepingannya yang sangat berfluktuasi dan bisa meningkat drastis. Jumlah pengguna Bitcoin di Indonesia pun semakin meningkat. Banyak sekali orang yang mulai melakukan trading/ jual beli Bitcoin untuk mendapatkan keuntungan darisini. Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Atau kamu punya modal tapi masih bingung mau dipakai buat apa, supaya mendapatkan keuntungan! Bitcoin aja gan hehe...

Yang jadi pertanyaan adalah Jika kamu saat ini mempunyai uang katakanlah 10 juta rupiah. Untuk mencari profit dari modal tersebut, kemungkinan Investasi apa yang paling bagus digunakan? Apakah kamu mau beli emas, buka tabungan, bermain saham, atau digunakan untuk trading bitcoin. Kalo disuruh milih sih, kalo saya lebih milih digunakan untuk modal trading Bitcoin gan? Kenapa lebih milih trading bitcoin? Karena bitcoin harganya sangat fluktuatif dan berubah tiap detiknya. Dalam waktu seminggu saja harga satu bitcoin bisa naik turun hingga jutaan rupiah. Sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih besar dengan memanfaatkan naik turunnya harga tersebut. Kamu bisa mulai trading dengan modal mulai dari 50 ribu rupiah.

Sekarang Bagaimana cara trading/jual beli bitcoin dengan rupiah?

1. Pertama kamu harus punya akun di bursa Bitcoin terlebih dahulu, silahkan Daftar Akun Vip.Bitcoin.c.oid
2. Caranya cukup daftarkan email, no.hp, username, dan password aja
3. Ikuti setiap langkahnya, termasuk verifikasi email dan no.hp
4. Selanjutnya kamu hanya perlu melengkapi data dirimu
5. Masih ada satu step lagi yang harus dilakukan yaitu ambil foto diri kamu dan foto ktp kamu yang masih valid, terus upload ke akunmu untuk verifikasi. Hal ini penting perlu dilakukan karena untuk menjaga keamanan akun kamu sendiri agar tidak disalahgunakan orang lain.
6. Nah jika sudah, sekarang kita lanjutkan ke cara jual beli bitcoin dengan rupiah.

Untuk melakukan jual beli Bitcoin, yang pertama harus dilakukan adalah deposit rupiah terlebih dahulu. Langkah-langkahnya bisa kamu ikuti tutorial berikut.

Cara Deposit Rupiah Untuk Membeli Bitcoin


1. Untuk deposit kita bisa masuk ke menu setor/tarik rupiah. Tinggal di klik selanjutnya masukkan jumlah deposit, misal 1 juta rupiah. Pilih sumber dana, misal menggunakan bank BCA, Lalu pilih cara transfer, misal BCA Mobile, masukkan nomor rekening harus atas nama kamu sendiri. Kemudian tinggal klik lanjutkan.


2. Nah selanjtnya ada beberapa pilihan metode pembayaran, bisa pilih salah satu, misal disini Transfer online ke Bank CIMB Niaga.


3. Lalu ada intruksi selanjutnya, jangan lupa menambahkan angka dibelakang jumlah transfer sebagai penanda deposit. Kamu harus transfer ke nomor rekening yang tertera atas nama BitCoin Indonesia.


4. Setelah melakukan transfer, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi transfer. Pada saat konfirmasi transfer tinggal diisi sesuai transaksi yang kamu lakukan, isi sesuai dengan intruksi. Jangan lupa tambahkan bukti transfer.


5. Jika saldo sudah masuk Jika saldo sudah masuk barulah kita bisa melakukan transaksi beli bitcoin. Nanti akan muncul dua saldo, yaitu saldo bitcoin dan saldo rupiah. Untuk transaksi beli/jual bitcoin juga ada dua metode yang bisa digunakan, yaitu Beli/jual bitcoin instan dan metode jual/beli menggunakan Bitcoin spot market.

Cara Jual Beli Bitcoin Menggunakan Metode Beli/jual bitcoin instan

Kamu tinggal klik Beli/jual bitcoin instan lalu masukkan jumlahnya, klik lanjutkan kemudian akan muncul estimasi transaksi yang kamu lakukan, beserta dengan biaya 0,3%, klik lanjutkan selesai.


Transaksi menggunakan metode Jual/beli bitcoin instan akan terproses secara otomatis dengan mengambil tawaran tertinggi atau harga terbaik yang ada pada bitcoin spot market. Untuk transaksi jual/beli bitcoin akan terjadi secara instan tanpa harus menunggu, namun dikenakan biaya transaksi sebesar 0,3%. Bila tidak ingin dikenakan biaya transaksi bisa menggunakan metode yang kedua, yaitu Bitcoin spot market.

Cara Jual Beli Bitcoin Menggunakan Metode Bitcoin Spot Market

Untuk bitcoin spot market kita bebas menentukan harga sendiri dan tidak dikenakan biaya sama sekali. Atau free biaya transaksi.


Keterangan :
- Last Price : Harga yang terbentuk pada saat ini
- 24h change : Perubahan harga dari 24 jam terakhir
- Low : Harga terendah yang terbentuk setiap 24 jam
- Hight : Harga tertinggi yang terbentuk setiap 24 jam
- Volume 24h : Total volume perdagangan bitcoin di Bitcoin.co.id dalam 24 jam terakhir

Kemudian untuk melakukan jual beli bitcoin dengan metode bitcoin spot market kamu bisa menggunakan form di bawahnya.


Masukkan total beli dan kamu bisa menentukan harga sendiri (buat harga lebih rendah daripada harga order book pada saat itu), lalu klik lanjutkan. Akan muncul estimasinya dan klik selesai. Transaksi tersebut akan pending sampai harga market menyentuh harga yang kamu buat. Transaksi kamu tadi disebut maker karena harga yang kamu buat yaitu dibawah harga order book saat itu. Dengan menjadi menjadi maker maka transaksi kamu tidak dikenakan biaya sama sekali. Intinya untuk menjadi seorang market maker adalah harus melakukan pembelian dengan harga dibawah harga market jual terendah atau penjualan dengan harga diatas harga market beli tertinggi.


Sedangkan Taker adalah transaksi dengan mengambil harga dari orang lain. Caranya tinggal klik harga jual yang ditawarkan oleh orang lain yang tertera di daftar market jual, kemudian nanti harga akan langsung masuk di harga transaksi pembelian kamu. klik lanjutkan selesai. Untuk transaksi kamu sebagai taker akan dikenakan biaya 0,3%.

Baca Juga: Apa Itu Bitcoin - Cryptocurrency ?

Demikian tutorial mengenai Cara Trading / Jual Beli Bitcoin di Indonesia, semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua. Bitcoin mengubah dunia finansial sama seperti web yang mengubah dunia informasi. Dengan bitcoin semua orang dapat berpartisipasi dalam market global menciptaan inovasi baru dalam pemerataan ekonomi dan kesejahteraan. Salam Bitcoiners.
0 Komentar untuk "Cara Trading / Jual Beli Bitcoin di Indonesia"

Back To Top