Cara Menambahkan Token yang Tidak Muncul di MyEtherwallet

Mungkin dari beberapa diantara kalian ada yang mengalami masalah token yang kamu miliki tidak muncul di myetherwallet. Ini sama seperti yang saya alami pertama saat cek saldo token yang saya terima tidak muncul di token balances. Padahal jika dilihat di bagian transaksi di https://ethplorer.io dan https://etherscan.io, token sudah diterima. Nah lalu bagimana cara mengatasinya? Kamu tak perlu khawatir sob, karena token tersebut bisa ditambahkan secara manual agar nantinya muncul di token balances. Ini penting dan harus dilakukan, karena jika saldo token kamu tidak masuk ke token balances, secara otomatis kamu tidak bisa mengirim saldo token tersebut ke exchangers atau ke penerima. Untuk tutorialnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut dengan mudah:

Cara Menambahkan Token yang Tidak Muncul di MyEtherwallet

1. Masuk ke MyEtherwallet di tab send ether & tokens

2. Buka https://ethplorer.io dan masukkan alamat wallet ETH kamu untuk mengecek token yang miliki, namun belum muncul di token balances. Nanti akan muncul informasi token balance kamu beserta informasi address wallet kamu seperti ini.


3. Atau bisa langsung dengan cara klik https://ethplorer.io di Transaction History Myetherwallet kamu, nanti akan muncul informasi seperti di atas.


Di bagian Transaction History terdapat dua alamat situs yaitu https://etherscan.io/ dan  https://ethplorer.io. Keduanya berfungsi untuk mengecek transaksi wallet kamu. https://etherscan.io/ digunakan untuk melihat semua transaksi pada wallet kamu, yaitu ethereum yang diterima/ yang dikirim, serta token yang diterima / yang dikirim. Sedangkan https://ethplorer.io. merupakan situs yang digunakan untuk melihat transaksi token yang masuk ke wallet kamu. Jadi semunya bisa digunakan untuk mengecek apakah token sudah masuk atau belum, tinggal pilih saja mana yang ingin kamu gunakan.

4. Jika sudah muncul tampilan seperti di atas, silahkan pilih token yang belum muncul di Myetherwallet kamu dan ingin ditambahkan secara manual. Klik token tersebut untuk melihat detail transaksi. Misal disini contoh saya ingin menambahkan Everex.


5. Lalu kembali ke Myetherwallet, Klik Load Tokens Balance kemudian klik Add Custom Token. Lalu masukkan address, simbol, dan decimals yang sesuai. contoh seperti yang saya beri kotak merah itu adalah yang dimasukkan.



6. Jika sudah tinggal klik Save, kemudian token beserta balance-nya akan muncul seperti ini.


Selesai. Gimana mudah kan atau kamu masih bingung?hehe.. Jika kamu masih bingung bisa tanyakan langsung ke saya melalui kolom komentar di bawah, atau hubungi langsung melalui kontak blog ini.

Nah, jika saldo token sudah muncul seperti itu baru bisa dikirim ke exchanger untuk dijual. Biasanya token bisa dijual ke Ethereum dan Bitcoin di exchangers yang tersedia. Kebanyakan token list di Etherdelta, Bittrex, HitBTC, CoinExchange, Cryptopia, dan beberapa exchanger lainnya.

Untuk cara mengirim token dari Myetherwallet ke exchangers, kamu bisa baca artikel berikutnya.
0 Komentar untuk "Cara Menambahkan Token yang Tidak Muncul di MyEtherwallet"

Back To Top