Apa itu SegWit dalam Cryptocurrency

Baru-baru kita mendengar berita terkait akan ada pengaktifan BIP91 dalam blockchain bitcoin untuk mengaktifkan SegWit. Lalu sebenarnya apa sih itu SegWit? Yuk, mari kita cari tahu lebih dalam terkait SegWit. Berdasarkan beberapa informasi yang kami dapatkan, SegWit adalah singkatan dari Segregated Witness. Ini merupakan perbaikan perangkat lunak yang diajukan oleh pengembang Bitcoin Core. SegWit menawarkan berbagai fitur, banyak teknis. SegWit adalah soft fork, artinya kode baru akan kompatibel dengan kode lama, bahkan meski beberapa pengguna tidak memperbarui perangkat lunak mereka (tanpa menghasilkan perpecahan rantai). Ini dirilis pada versi 0.13.1 dari klien Bitcoin Core. SegWit adalah bagian penting dari beberapa Proposal Peningkatan Bitcoin ("BIP"), termasuk BIP 148 dan BIP 149.

SegWit membantu aset kripto seperti Litecoin (dimana SegWit sudah diaktifkan - sejauh ini berhasil) dan kali ini Bitcoin juga akan mengaktifkan SegWit, yang kabarnya sudah sekarang mulai diaktifkan dan proses migrasi ke BIP 91 (Segregated Witness/SegWit) sudah dikonfirmasi sukses. 


Berikut adalah penjelasan dari pers terkait SegWit yang perlu Anda ketahui.

Dalam transaksi ada tiga elemen kunci. Pengirim, penerima dan tanda tangan (biasa disebut sebagai saksi) dan ini merupakan bagian besar dari ukuran transaksi. Namun, bertentangan dengan kepercayaan populer, SegWit tidak memisahkan data saksi ini menjadi "blok saksi".

"SegWit memperkenalkan format transaksi baru dan memperbarui batas ukuran blok 1MB menjadi batas berat blok empat juta unit, menghitung data saksi dimuat sebagai satu unit dan data blok inti sebagai empat unit.

Artinya, ukuran blok sebenarnya meningkat. SegWit menghitung setiap byte dalam sebuah saksi sebagai 0,25 byte menuju batas ukuran blok maksimum (1MB), yang berarti ukuran maksimum blok menjadi tepat di bawah 4MB. Ini tidak berarti bahwa data menjadi lebih kecil, ini berarti bahwa itu dihitung dengan cara yang memungkinkan batas 1MB ditingkatkan. Namun, perubahan ini hanya mempengaruhi data saksi dan setiap byte non-saksi masih dihitung sebagai 1 byte terhadap batas ukuran blok maksimum (1MB) atau sebagai 4 unit terhadap berat blok maksimum unit 4M.

Selain peningkatan kapasitas, SegWit akan memperbaiki kelenturan transaksi, sebuah serangan yang memungkinkan seseorang mengubah ID unik transaksi Bitcoin sebelum transaksi dikonfirmasi di jaringan Bitcoin. Ini juga membuka jalan bagi sistem pembayaran dua lapis seperti Lightning Network. 

Berikut adalah penjelasan tentang manfaat dari tim pengembangan Bitcoin Core.

"Karena transaksi yang menggunakan fitur segwit mulai digunakan, perubahan ini akan memungkinkan lebih banyak data untuk dimasukkan per blok (dengan 100% transaksi menggunakan fitur segwit ini diperkirakan sekitar 2MB data per blok, namun dalam kasus terburuk bisa Sampai 4MB data per blok). Sejauh ini memungkinkan volume transaksi lebih besar, diharapkan dapat meningkatkan basis data UTXO lebih cepat (dengan 100% transaksi menggunakan fitur segwit, tingkat kenaikannya diperkirakan sekitar dua kali lipat, namun karena segwit adalah soft fork, Kasus terburuk pertumbuhan UTXO tidak berubah). "

Manfaat lainnya

Manfaat yang paling nyata bagi SegWit adalah peningkatan kapasitas yang diperkenalkan dalam bentuk format transaksi yang berbeda. Namun, ada juga manfaat lain untuk SegWit, yang diuraikan di sini. Ini termasuk peningkatan keamanan untuk transaksi multi tanda tangan, skala linier operasi sighash, versi skrip dan banyak lagi.

Namun, memperbaiki masalah kelayakan transaksi adalah yang paling penting. Kelenturan transaksi ada karena tanda tangan yang melindungi sisa transaksi agar tidak dimodifikasi tidak dapat melindungi diri mereka sendiri. Ini berarti bahwa cara transaksi id (txid) dihitung memungkinkan seseorang untuk melakukan perubahan pada id transaksi yang sama ini.

SegWit memperbaiki ini dengan menghapus tanda tangan dari data id transaksi, sehingga tidak mungkin seseorang mengubah data tanda tangan (yang sebelumnya ada di txid). Dengan SegWit, txid kemudian dihitung dari data yang tidak bisa diubah.

Perbaikan kelenturan transaksi juga membuka jalan bagi saluran pembayaran seperti Lightning Network (LN). Meski sudah bisa diimplementasikan di Bitcoin, mereka berisiko karena transaksi bisa diubah (karena masalah kelengketan yang disebutkan di atas). Hal ini bisa membuat transaksi macet. Ini karena saluran pembayaran seperti LN bergantung pada pengeluaran transaksi sebelumnya yang direferensikan oleh txid mereka.

Selanjutnya, perbaikan bug lainnya juga berguna untuk LN seperti peningkatan transaksi multisig dan batas ukuran blok yang lebih besar.

Inilah salah satu alasan mengapa beberapa penambang dan pengelola kolam penambangan tidak menyukai SegWit. Transaksi yang melewati saluran pembayaran ini bukan bagian dari jaringan Bitcoin, yang berarti bahwa biaya mereka tidak akan masuk ke penambang.

Pengaktifan SegWit


Agar SegWit diaktifkan, dibutuhkan persetujuan 95% penambang. Pemungutan suara dilakukan oleh para penambang yang memasukkan data tertentu di blok yang mereka tambang untuk memberi sinyal keputusan mereka mengenai proposal tersebut. Ambang batas 95% didasarkan pada metode aktivasi soft fork BIP 34 (supermayor), yang menetapkan 95% yang dibutuhkan. Meskipun ini tidak akan benar-benar diperlukan, ini meminimalkan risiko fork masa depan atau dua kali pengeluaran setelah aktivasi SegWit.

Apa yang terjadi Pasca Segwit ?

Program bitcoin (node) yang menjalankan BIP148 akan menolak input dari node yang tidak menjalankan Segwit, jadi akan terjadi 2 kubu dimana node yang menjalankan metode segwit akan bekerja sama memecahkan algoritma bitcoin dan menemukan block baru yang didaftarkan dalam blockchain dan kubu yang lain adalah node yang tidak menjalankan metode segwit. Kedua kubu akan sama-sama menghitung dan menemukan block dan memposting dalam blockchain. Sampai pada tahap ini secara otomatis blockchain akan terpecah menjadi 2 karena hal tersebut.

Mungkin kah Bitcoin terpecah menjadi 2 ?

Kemungkinan hanya 50% terjadinya split bitcoin karna pengaplikasian segwit kemungkinan besar hanya akan menyebabkan softfork.

Jadi kita tidak perlu khawatir mengenai segwit ini, karena segwit memiliki banyak keuntungan untuk jaringan bitcoin kita.
0 Komentar untuk "Apa itu SegWit dalam Cryptocurrency"

Back To Top