Cara Daftar Internet Banking BNI Secara Online

Cara Daftar Internet Banking BNI Secara Online - Internet banking merupakan salah satu cara untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. Nasabah dapat melakukan transsaksi dengan mudah tanpa harus pergi ke ATM maupun ke Bank. Sehingga dapat menghemat waktu Anda tinggal buka smartphone atau PC dirumah saja Anda sudah bisa melakukan transaksi ke sesama Bank atau antar Bank. Apalagi buat yang suka belanja online tentu akan lebih mudah dan cepat saat melakukan transaksi pembayaran melalui internet banking.

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk registrasi internet banking yaitu secara online dan daftar melalui ATM. Namun apabila daftar melalui online sudah tidak tersedia, maka Anda harus daftar via ATM. Agar lebih jelas kesempatan kali ini saya akan membahas cara untuk daftar internet banking BNI melalui 2 alternatif tersebut.

Cara Daftar Internet Banking BNI Secara Online

1. Apabila Anda mendaftar secara online, silahkan kunjungi situs https://ibank.bni.co.id/

2. Pilih menu belum pernah mendaftar di ATM


3. Masukkan nomor rekening BNI Anda >> masukkan angka pada nomor kartu ATM seseuai dengan urutan angka yang ditampilkan di layar >> masukkan kode verifikasi yang terlihat lalu pilih Lanjutkan

4.  Setelah itu akan muncul nomor telepon yang Anda daftarkan pada rekening tersebut, pilih Lanjutkan

5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat PIN 6 angka, silahkan masukkan PIN yang diinginkan lalu pilih Lanjutkan. (Catat PIN ini karena akan digunakan pada langkah selanjutnya)

6. Kemudian Anda akan menerima SMS dari BNI yang berisi kode aktivasi berupa 6 angka, lalu masukkan pada kolom kode Aplikasi yang tertera di struk ATM >> masukan kode verifikasi yang tampak pada layar >> masukkan PIN registrasi (PIN yang tadi dibuat pada langkah sebelumnya) lalu pilih Cari

7. Anda akan menerima sms lagi dari BNI yang berisi kode akses atau kode otentikasi user. Masukkan kode tersebut ke kolom yang tersedia lalu pilih Lanjutkan.

8. Anda akan diminta untuk membuat password untuk login ke akun internet banking BNI. Isi password dan ulangi lalu pilih Continue.

9. Nah setelah pendaftaran Anda sukses maka Anda akan tampil Profil BNI Anda. Pada halaman tersebut muncul User Id yang akan digunakan saat Anda login internet Banking BNI nantinya. Jadi harap dicatat baik-baik beserta passwordnya tadi agar tidak lupa.

Nah itulah cara registrasi internet banking BNI secara online. Setelah sukses melakukan registrasi dan kativasi secara online, maka sudah bisa Anda gunakan untuk mutasi rekening atau cek saldo rekening. Sedangkan untuk bisa melakukan transaksi finasial seperti pembayaran, transafer ke sesama BNI atau atar Bank, membeli pulsa, token lisn listrik dan lainnya, Maka Anda harus mengaktifkan m-secure untuk otorisasi transaksi. Untuk mengaktifkannya Anda harus datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat.

Nah. kalo dengan mendaftar internet banking BNI dengan cara di atas sudah tidak bisa maka Anda harus mendaftar dengan alternatif yang kedua yaitu mendaftar melalui ATM BNI. Namun perlu diketahui berdasarkan penagalaman saya, tidak semua ATM BNI bisa digunakan untuk mendaftar internet banking BNI karena beberapa ATM BNI itu ada yang tidak menyediakan fitur Registrasi e-Channel dan Mutasi rekening. Jadi ATM tersebut hanya berfungsi untuk menarik uang, cek saldo dan transaksi finansial seperti melakukan pembayaran, pembelian token listrik, dll. Biasanya ATM ini ATM yang tersedia di supermarket-supermarket atau POM atau mungkin mesin ATM-nya baru.

Maka dari itu Anda harus cari mesin ATM BNI yang tersedia fitur registrasi e-Channel, biasanya ini tersedia di mesin ATM yang lama atau kalo yang jelas ada fitur tersebut yaitu mesin ATM yang berada di kantor cabang BNI. Kalo begitu mari kita simak tutorial cara daftar internet banking BNI via ATM.

Cara Daftar Internet Banking BNI melalui ATM

1. Kunjungi mesin ATM BNI yang ada fitur registrasi e-Channel-nya
2. Masukkan kartu ATM, pilih bahasa, dan masukkan PIN Anda
3. Pilih menu Registrasi e-Channel lalu pilih BNI Internet Banking
4. Buat nomor PIN registrasi internet banking jumlahnya 6 digit (angka), ulangi masukkan PIN lagi (catat PIN ini karena nanti buat aktivasi akun internet bankingnya secara online)
5. Tunggu beberapa detik, dan setelah Anda berhasil registrasi, maka Anda akan mendapatkan struk registrasi dari mesin ATM BNI tersebut yang isinya berupa Kode Aplikasi yang nantinya digunakan untuk aktivasi akun internet banking BNI Anda, beserta PIN registrasi yang Anda buat tadi.
6. Selanjutnya Anda tinggal melakukan aktivasi dengan cara mengunjungi situs https://ibank.bni.co.id/ 


7. Pilih menu aktivasi (Klik tombol Klik Disini) untuk aktivasi pendaftaran BNI internet Banking
8. Masukkan Kode Aplikasi yang tertera di struk ATM >> Masukkan kode verifikasi yang tersedia di layar >> Masukkan PIN registrasi yang diinput di ATM lalu pilih Cari
9. Kemudian Anda akan menerima kode akses atau otentikasi user yang dikirim lewat sms ke nomor telepon yang terdaftar di rekening BNI Anda.
10. Masukkan kode tersebut ke kolom kode akses yang tersedia di layar lalu pilih lanjutkan
11. Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat password yang nantinya aan digunakan untuk login internet banking BNI. Silahkan buat password yang diinginkan sesuai kriteria yang disarankan lalu pilih lanjutkan.
12. Setelah sukse maka akan muncul profil internet banking BNI Anda beserta User ID yang digunakan untuk login internet banking BNI. Harap dicatat user id beserta password yang tadi dibuat agar tidak lupa saat Anda ingin membuka internet banking BNI lalu pilih lanjutkan.
13. Kemudian Anda sudah bisa login internet banking BNI menggunakan User ID dan password tersebut. 

Sekarang sudah bisa Anda gunakan untuk transaksi non finansial, seperti cek saldo rekening, mutasi rekening dan informasi tagihan. Untuk dapat digunakan untuk bertransaksi finasial seperti transfer, melakukan pembayaran tagihan dan isi ulang pulsa atau pembelian token listrik. Silahkan Anda datang langsung ke kantor cabang BNI terdekat untuk mengaktifkan layanan transaksi financial. Setelah itu baru bisa Anda gunakan untuk transaksi finansial seperti yang sudah saya jelaskan.

Nah demikian tutorial lengkap tentang Cara Daftar Internet Banking BNI beserta Aktivasinya Secara Online. Semoga dapat bermanfaat bagi semua pengunjung yang mungkin Anda adalah salah satu nasabah BNI yang sedang mencari artikel untuk mengaktifkan internet banking.
1 Komentar untuk "Cara Daftar Internet Banking BNI Secara Online"

Back To Top