Faktor Penyebab Harga Bitcoin Naik Hingga $700 Lebih

Dalam waktu kurang dari 3 hari, harga Bitcoin menanjak dari angka 7 juta menjadi 9 juta rupiah per Bitcoin. Walaupun mengejutkan, Bitcoin sebenarnya sudah beberapa kali mengalami peningkatan harga yang signifikan. Bitcoin telah menjadi mata uang terkuat dengan performa terbaik di dunia pada tahun 2010, 2011, 2012, 2013 dan tahun lalu (meskipun pada tahun 2014, Bitcoin sempat menjadi mata uang dengan performa terburuk di dunia). Apakah tahun ini Bitcoin bisa kembali mencetak rekor sebagai mata uang terkuat di dunia?  Harga bitcoin melonjak melebihi angka $700 beberapa hari terakhir, apa penyebabnya? Beberapa pendapat mengatakan, bahwa faktor-faktor inilah yang mempengaruhi peningkatan harga bitcoin belakangan ini, apa saja faktor faktor tersebut?

Bitcoin Price Index Chart By CoinDesk

Dilansir dari Coindesk.com, Harga bitcoin melonjak hampir 20% selama akhir pekan yang membentang 11dan 12 Juni, dan apresiasi kuat ini dengan cepat menarik perhatian banyak ahli. Pengamat pasar memberikan berbagai penjelasan soal kenaikan ini,  termasuk yang sedang berlangsung 'Brexit' tak menentu, visibilitas meningkatnya teknologi blockchain dan mengurangi separuh yang akan datang dari imbalan yang dibayarkan kepada peserta utama dalam jaringan bitcoin.
 
Sementara kemungkinan tetap jumlah faktor-faktor ini bisa sama-sama kuat sebagai salah satu dalam isolasi, dan menurut beberapa ahli pasar teori yang paling umum mengapa harga bitcoin dalam beberapa hari terakhir ini melonjak naik ke atas melebihi angka $700 adalah berikut ini.

1. Takut Brexit. Beberapa ahli menekankan bahwa potensi Brexit menjulang sebagai penyebab potensial dari kenaikan bitcoin baru-baru ini. Dia mencatat keuntungan harga mata uang digital dinikmati sebelum pada saat terjadi gejolak geopolitik, termasuk situasi Yunani menemukan dirinya dalam tahun lalu dan China dua setengah tahun yang lalu.
Brexit adalah sebuah singkatan yang mereferensi kepada peluang keluarnya Inggris (British exit) dari Uni Eropa. Kata ini hampir mirip dengan Grexit yang beberapa tahun lalu populer akibat peluang Yunani (Greece) keluar dari Uni Eropa terbuka lebar. Saat itu, dunia terfokus pada krisis utang Yunani, yang merupakan salah satu pusat ekonomi terbesar dan terkaya di Uni Eropa.

2. Miner reward halving, Beberapa ahli pasar mengatakan mengurangi separuh yang akan datang dari imbalan jaringan dibayarkan kepada penambang, atau individu atau badan yang memproses transaksi pada jaringan, sebagai salah satu yang mendorong harga lebih tinggi. Peristiwa ini terjadi biasanya pada bulan Juli, penambang akan mulai menerima 12.5 BTC setiap kali mereka menambang blok,dibandingkan dengan nilai tukar saat ini BTC 25. Sebagai hasilnya, acara telah "dianggap sebagai kabar baik bagi semua pedagang Bitcoin dan investor" dan berdampak pasar bahkan sebelum itu terjadi.

3. Blockchain naik, Di tempat lain ada optimisme bahwa meningkatnya minat pada "blockchain", lebih banyak generik didistribusikan teknologi buku, menghasilkan positif sekitar blockchain publik bitcoin dan potensi kasus penggunaannya. Willard mengomentari persepsi ini, menekankan bahwa dia percaya itu sedang digunakan lebih dan lebih untuk tujuan komersial. Secara khusus, dia menyebutkan perusahaan yang bekerja menggunakan teknologi untuk mengelola hak digital. Karena blockchain dengan cepat semakin menonjol dan peserta pasar memanfaatkan untuk penggunaan yang lebih komersial, Willard menggambarkannya sebagai "potensi raksasa komersial".

4. Sebuah pengamatan pada Art Invest, Chris Burniske mengatakan bahwa faktor lain yang dapat membantu menempatkan tekanan ke atas pada harga bitcoin adalah masuknya uang fiat. mereka memiliki banyak uang fiat baru mengalir ke bitcoin, dan naiknya harga bitcoin tidak sedang didorong oleh orang-orang yang menukar dari eter (Ethereum). Petar Zivkovski, Direktur operasi untuk Whaleclub, mengatakan rendahnya likuiditas bitcoin adalah pendorong utama kenaikan harga.

5. Kekhawatiran China, Meskipun pengamat pasar menyediakan berbagai penjelasan untuk bitcoin di akhir pekan rally, beberapa ahli mengambil sudut pandang bahwa Cina adalah driver utama di balik kenaikan harga. Hayes memprediksi Federal Reserve tidak akan menaikkan suku bunga lagi "dalam waktu dekat," dan bahwa selama harga ini tetap tidak berubah, "PBOC akan memperlambat atau membalikkan bagian dari devaluasi CNY." Joe Lee, pendiri perdagangan derivatif platform yang Magnr, juga menekan di China dan dampak potensial terhadap bitcoin, menunjukkan beberapa faktor ia percaya akan memicu permintaan untuk mata uang digital ke depan. Permintaan Cina untuk Bitcoins tetap kuat dan akan meningkat dari waktu ke waktu karena ketidakpastian ekonomi terus berlanjut.

Menurut para ahli/ pengamat pasar itulah kemungkinan penyebab naiknya harga bitcoin yang melonjak melebihi angka $700 beberapa hari terakhir ini.

Sumber: CoinDesk

0 Komentar untuk "Faktor Penyebab Harga Bitcoin Naik Hingga $700 Lebih "

Back To Top