Cara Mengatasi Grub Loader Hilang pada Linux

Apa kmu sudah mencoba dual boot Windows dengan Linux ? jika belum kamu bisa lakukan tutorialnya di postingan sebelumnya Cara Dual Boot Linux dan Windows 10. Mungkin ada beberapa yang mencoba tapi mengalami kendala seperti: Pilihan Windows Hilang, Muncul Error GRUB Missing, Tidak mendapati tampilan Grub. Kejadian serupa tidak sedikit dialami para pengguna Linux.

Hal tersebut bisa juga disebabkan karena update pada Windows atau melakukan langkah yang salah untuk dual boot yang harusnya menginstall Windows terlebih dahulu tetapi terbalik sehingga mengganti posisi Bootloader kembali ke pengaturan awal yaitu milik Windows padahal sebelumnya sudah terinstall Linux. Akibatnya tampilan GRUB akan hilang dan sobat tidak bisa kembali menggunakan Linux. 

Kamu tak perlu panik atau buru-buru install ulang lagi. Karena si TUX ini punya cara sendiri untuk memperbaikinya. Berikut langkah untuk mengatasinya:
1. Siapkan LiveCD atau LiveUSB berisikan Linux atau gunakan Ubuntu/Linux Mint yang sudah pernah dijadikan media Installer
2. Saat booting pertama kali pada Laptop/PC, masuklah ke dalam media installer tersebut.
3. Setelah masuk ke tampilan dekstop pastikan terhubung internet, Kamu bisa langsung buka aplikasi Terminal dan ketikan:
sudo add-apt-repository ppa:yannubuntu/boot-repair
sudo apt-get update
sudo apt-get install -y boot-repair && boot-repair
Pada proses installasi selesai maka akan muncul jendela program seperti ini: 

Cara penggunaanya sangat mudah. Saat aplikasi Boot Repair berjalan kamu hanya perlu Klik Recommended repair yang terdapat pada pilihan pertama. Ikuti langkah selanjutnya seperti meminta konfirmasi untuk melakukan proses dan tunggu hingga selesai terdapat notifikasi bahwa perbaikan Grub Loader yang Hilang sudah selesai. Demikian Cara Mengatasi Grub Loader Hilang, selamat mencoba dan semoga bermafaat.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Grub Loader Hilang pada Linux"

Back To Top